Saturday 6 July 2013

Mini Proyektor itu Bernama: 3D VIEW MASTER

Bentuknya merah, hiburan berkelas dengan teknologi canggih di jamannya. Kata orang-orang sih biasanya hadiah/oleh-oleh dari orang yang naik haji... hehe (tidak terjadi padaku). 

3D View Master

Sebuah proyektor dengan mini negative film tentunya, hanya dengan bantuan cahaya saja bisa bekerja. Dan dengan sistem knop slide show manual menghiasi mainan ini. Begitu menghibur anak-anak di masa itu, karena menganggap mainan ini sebagai kamera (karena ada pakai film negative beneran). Begitu senang ketika bergantian memakai mainan ini bersama teman-teman sebaya di kala itu...  hehe... pengalaman ogud ikut ngantri :D

3D View Master

Oh iya, mainan ini berisi negative film, biasanya beragam tergantung isi cerita. Isinya antara 3 -7 reel di tiap edisi dan berbentuk lingkaran. Keunggulan dari mainan ini adalah setiap gambar menampilkan gambar yang nyata (3 Dimensi). Menjadi mainan yang sangat berkelas di jamannya, karena metode ini sangat jarang pada waktu itu. Mini Proyektor itu bernama: 3D VIEW MASTER.


  • Mainan ini ternyata mempunyai sejarah panjang, dan singkat ceritanya seperti ini:
Dialah pemuda Portland, Oregon U.S.A bernama Wilhem Gruber yang memiliki ide pertama yang pada tahun 1926 pernah bergabung bersama Sawyer Inc, dan mempunyai tanggungjawab dalam memprodiksi kartu pos fotografi beserta album foto yang kemudian dijual di toko modern. Selain itu dia bekerja sebagai mekanik piano, pembuat organ dan fotografer. 

Saat liburan, Gruber dan Harold Graves (Presiden Portland Sawyer Inc) mencoba mengembangkan perusahaan menggunakan gambar kartu pos dan film. gruber mencoba membuat gambaran ganda dari dua film media Kodak Spesial dan dipasang pada tripod. Dan ia mempunyai ide memperbarui stereoscope kuno dengan Kodachrome 16 mm film warna baru. Kemudian mereka pun membentuk kemitraan.

View Master Model Pertama.
Source: http://marvmackey.com/sterov6.jpg

Negative Colour Reel Film.
Source: http://en.wikipedia.org/wiki/File:View-Master-DinNorm.jpg
View Master merupakan merk dagang dari model yang dikhususkan berupa teleskop yang mempunyai frame saja. Frame ini berisikan lembaran disk (negative film) dilapisi karton tipis yang biasanya tergantung isi cerita/topiknya antara 3 - 7 pasang/reel gambar 3 dimensi.

Sistem View Master ini pertama kali diperkenalkan dan dipatenkan akhir tahun 1939 (dan dikeluarkan di pasaran tahun 1940) pada New York World's Fair, empat tahun setelah munculnya film (negative) berwarna. Awal mula diperkenalkan, gambar yang diaplikasikan berupa gambar pemandangan Carlsbad Caverns dan Grand Canyon pada reel View Master ini, karena membidik segmentasi segala usia. 


Negative Colour Reel Film (modern)

Pada tahun 1966, Sawyer diakuisisi oleh General Aniline and Film (GAF) Corporation, dan menjadi anak perusahaan yang sepenuhnya dimiliki. Di bawah kepemilikan GAF, View Master ini memiliki fokus segmentasi ke arah anak-anak. Maka dibuatlah reel film berdasar serial TV dan film anak-anak lainnya. Seperti: Doctor Who, Rowan & Martin Laugh-In, Star Trek, The Man From UNCLE, Berikut Lucy, dan The Beverly Hillbillies.


The Huncback of Notre Dame
View Master Portland U.S.A

refrensi: dari mana-mana... :)
gambar: Pribadi

3 comments:

  1. Dear Ryan :
    Boleh info untuk mendapatkan view master tersebut .. please inbox 087872301626

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah membaca :)

      Ini dibelikan ayah ketika saya masih kecil, milik pribadi.
      Mungkin di media berbagi, toko online jualan barang bekas ada... soalnya kalau barang baru kemungkinan di jaman ini sudah tidak ada.

      Delete
  2. Just reading and comment:
    Thanks for sharing. It reminds me when I was a child...

    ReplyDelete