Friday 26 July 2013

GIMBOT dan TETRIS

"Main gimbot bikin pusing, dulu gembrot kok sekarang langsing"
 
Jargon pantun di atas pernah populer di era tahun 90'an. Jargon itu merupakan iklan Kadir - Doyok yang bertemu Maimunah (Diana Pungky) di supermarket dalam iklan teh hijau.

Tapi kali ini saya enggak ngomongin iklan tersebut lho... hehe... Saya menggaris bawahi gimbot begitu populer di jamannya, sampai-sampai dibikin jargon iklan. Teknologi permainan ini berawal dari era tahun 80'an dan sangat populer di era tahun 90'an. Begitu banyak dan cerita tentang gimbot, hingga orang yang bermain gimbot lupa waktu, karena gimbot itu permainan yang mengasyikkan dan bikin ketagihan.

Pada era tahun 90'an, biasanya gimbot ini disewakan di sekolah dasar ataupun tempat berkumpulnya anak-anak biasa bermain. Biasanya sih sang penyedia sewa sambil berjualan gulali (ternyata dimana-mana juga jualan gulali). Disewakan "per-Game over" dan bukan per menit / per jam. Kalau yang main jago sih bisa main sampai lama... hehe... Dulu jarang banget anak-anak yang punya gimbot, jadi jikalau ada penyewaan seperti ini pasti akan ramai dan heboh. Beda dengan jaman sekarang, anak TK aja udah pegang PC-tablet / gadget sendiri.


Saya uraikan dulu tentang Gimbot ini ya....
Gimbot ini sebenarnya hanya lafal orang Indonesia saja. Gimbot = Gembot.

Permainan yang sebenarnya adalah bernama "Game & Watch". Game & Watch ini adalah tipe permainan yang disebut konsol "handheld". Layar Game & Watch hanya menggunakan lcd biasa seperti pada kalkulator, frame hanya per gambar atau potongan potongan karakter dari game menjadi sebuah gerakan. 
Game & Watch
Source: http://www.joystiq.com/2007/01/31/game-and-watch-classic-hidden-in-ds-dictionary/
#NB: 
Setelah pemaparan di atas, lalu dalam tulisan ini saya akan menggunakan istilah "Gimbot" yang lebih akrab. :D


KIPRAH GIMBOT
Gimbot merupakan konsol tipe handheld. Konsol ini adalah mesin permainan elektronik. Bentuknya simpel dan ringan, mudah dibawa kemana saja, tidak lebih besar dari genggaman kedua tangan. Biasanya di dalam satu unit mesin permainan ini sudah terdapat: layar, kontrol permainan satu "game", dan speaker. 
Pelopor permainan ini adalah Coleco dan Milton Bradley di tahun 1970'an dengan sebutan handled electronic game (permainan elektronik yang dikendalikan genggam tangan). Namun sangat disayangkan konsol tersebut tidak dicantumkan dalam sejarah konsol genggam dikarenakan hanya bisa memainkan satu game saja.
Coleco
Source: http://pongmuseum.com/history/_picts/coleco/coleco-no-1-prev.jpg
Perusahaan Nintendo sangat berjasa mengangkat konsol ini. yang masih bertahan sampai sekarang adalah produk yang bernama Game Boy. Walaupun banyak juga vendor yang menyajikan konsol handheld, namun ternyata jaman menggilas konsol ini. Seiring dengan jalannya waktu, nama besar gimbot pada era tahun 90'an telah pudar dan menghilang. 
Jenis Permainan Populer Gimbot: TETRIS
Biar enak bacanya, nih sambil play lagu kebangsaan Tetris:

Tetris merupakan salah satu permainan yang populer dari konsol handheld. Permainan ini merupakan game yang mengasah otak dengan menyusun balok dan menghancurkannya. Kemenangan game ini hanya ada pada score tertinggi. Semakin tinggi poin, semakin cepat laju dari balok itu.

Permainan game ini biasanya dijumpai pada gimbot Brick Game. Dalam perkembangannya, versi dari Brick Game pada sound bitambah dengan teriakan "pinter", "bego lu" dan "coba lagi". 
Kiri: Brick Game (Source: Pribadi 1993)
Kanan: Layar (Source: http://www.stageselect.com/images/ImageCache/game-3506-0-0-250-0-.jpg)
Mengapa Tetris Populer ?
Source:
http://www.gamesetwatch.com/thetetriscompany.jpg
Seorang ilmuwan Uni Soviet lah (sekarang: Rusia) yang menemukan permainan Tetris, dia bernama Alexe Pajitnov. Dia mendesain game tetris pertama kali untuk perusahaan elektronika Uni Soviet bernama Electronica 60. Satu tahun kemudian, game ciptaan Alexe ini dilirik raksasa komputer asal Amerika, IBM. Tahun 1985, game tetris dipasang di semua komputer buatan IBM yang beredar di Rusia.
Mulai saat itulah, game tetris menyebar ke seluruh Uni Soviet dan menjadi permainan paling populer di negara tersebut. Dua tahun kemudian, tetris mulai mendunia. Tahun 1987, tetris dipasang untuk komputer-komputer IBM yang beredar di Eropa dan Amerika. Ini menjadi langkah penting bagi tetris untuk mendunia dan menjadi game yang populer. Bahkan ketika Nintendo bekerjasama dalam hak penjualan Tetris, 35 juta unit alat main tetris terjual di seluruh dunia. Tetris adalah salah satu game yang sangat fenomenal hingga saat ini.

Selain hal tersebut, ketika itu #80an dan #90an banyak anak muda yang tenaganya tidak tersalurkan. Banyaknya tayangan TV yang terlalu vulgar, membuat remaja era tersebut muak dan tidak terkontrol. Tengok saja, serial kartun The Simpsons, itulah gambaran keluarga #80an - #90an. Korelasinya adalah kesuksesan Tetris dapat mengembangkan pola pikir remaja untuk meredam kerusuhan di dalam maupun di dalam ruangan. Secara terang-terangan, fakta menjawab bahwa permainan Tetris mengurangi dampak kerusuhan / kenakalan remaja di Amerika di era #90an, dengan cara adu sportifitas (skor terbanyak) bermain Tetris dengan teman.
Penelitian game Tetris:
  • Pada tahun 1992 para ilmuwan meneliti tentang game tetris, dan membuat riset dampak game tetris pada anak. Dan hasilnya adalah bahwa game tetris ini bisa melatih otak untuk berpikir lebih efisien. Dan dengan hasil riset tersebut, game tetris semakin populer dan dicari.

Pesan Gimbot
Source: http://pbfcomics.com/archive_b/PBF206-Game_Boy.gif
Ya, walaupun ada penelitian bahwa gimbot bisa meningkatkan pola pikir anak, namun ada pula dampak yang bersifat negatif, yaitu gimbot bikin lupa waktu dan lupa diri lho (serius). Kadang kita lupa dengan kondisi lingkungan sekitar dan sedikit kepekaan interaksi sosial.

refrensi sejarah:
  1. www.tetris.com
  2. www.joystiq.com

No comments:

Post a Comment