Thursday 16 October 2014

JORDY - O LALA BEIBEH

Kawula #90an pasti tidak asing. Jargon "O lala beibeh" ini sangat populer dan sangat melekat di masanya. Bahkan sampai ada plesetan di Indonesia kala itu: "O telek bebek" (telek = kotoran). Balutan lagu disco-elektronik khas era #90an begitu kental. Ini bukan tarian Macarena dan juga bukan disko Lambada di pantai, tapi disko modern kala itu. Dengan dressing kaos gombrong/kedodoran dan dimasukkan celana, atau dengan celana monyet berbalut sepatu Dr. Marteen, bisa menikmati disko elektronik Jordy - Dur dur d'être bébé (terjemahan: susahnya jadi bayi).

Yang menjadi sangat populer di dunia, lagu Jordy - Dur dur d'être bébé ini dinyanyikan oleh seorang anak laki-laki berumur 4 tahun yang berasal dari Perancis. Semacam menjadi pelopor disko khas #90an dengan penyanyi balita, Jordy menggebrak dunia permusikan tidak hanya di Perancis, namun di dunia. Di era #90an yang tidak stabil di dalam struktur negara, lagu Jordy menjadi penyejuk masyarakat sipil. Sebenarnya cara menyanyi hanya diulang-ulang, namun balutan musiknya tidak bisa diragukan lagi. Dari segala lapisan umur dan lintas RAS bisa bergoyang indehoy.... Amazing !!!

Karena begitu populer dengan vokalis anak berusia 4 tahun, maka di belahan negara lain juga tak mau kalah. Banyak juga yang mencoba peruntungan, musik dengan menggunakan vokalis balita. Bahkan di TV Venezuela membuat acara TV dengan format mencari yang mirip dengan Jordy. Namun tak satu pun yang tingkat popularitasnya bisa setaraf Jordy. 

SIAPAKAH JORDY ?
Nama panjangnya adalah Jordy Claude Daniel Lemoine, yang lahir di Perancis pada 14 Januari 1988. Jordy lahir di Saint-Germain-en-Laye, Yvelines. Dia adalah putra dari produser musik Claude Lemoine, yang dikenal karena keterlibatannya dengan Rockets 1976-1992.
  Dunia musik melambungkan nama Jordy di jajaran musik dunia. Tercatat sudah ia mendapatkan banyak penghargaan atas prestasinya. Jordy terdaftar dalam Guinness Book of World Records sebagai penyanyi termuda yang pernah menempatkan hits lagunya di chart peringkat pertama, pada usia empat tahun dengan lagu andalan "Dur dur d'être bébé!". "Pochette Surprise" adalah nama album pertama Jordy. Tidak hanya di Perancis, namun hits tersebut menjadi chart nomor satu di belahan negara lainnya seperti di Eropa, Brazil, Bolivia, Peru, Kolombia, Venezuela, Korea Selatan dan Jepang (Asia) selama 15 minggu berturut-turut. Selain prestasi itu,  Jordy juga mendapatkan urutan nomor 58 di Billboard Hot 100 untuk musisi yang berpengaruh di dunia. Dan uniknya, Jordy artis termuda yang pernah ambil bagian di sana (tahun 1992).

 Tokoh yang sangat berpengaruh pada album Pochette Surprise (1992) yang melambungkan nama Jordy:
Source: klik
  • Jordy – vocals
  • Didier Bader – engineer
  • Guy Battarel – programming
  • Raymond Taieb – producer
  • Claude Lemoine – producer, art direction
  • Michael "Clip" Payne - interpretation

Selain beragam penghargaan, keluarga Jordy direlung beberapa isu tidak sedap. Ada kekhawatiran bahwa Jordy dieksploitasi oleh orang tuanya. Isu tersebut diklarifikasi dan ditampik fihak keluarga saat Lemoine membuka obyek wisata "La Ferme de Jordy" (pertanian Jordy's). Namun sayang sekali bisnis wisata bertajuk taman pertanian untuk anak-anak ini disinyalir mengalami gagal finansial. Setelah kegagalan dalam bidang peternakan, pemerintah Perancis melarang musik Jordy itu dari radio dan televisi untuk melindunginya dari eksploitasi. Pada tahun 1996 orang tua Jordy bercerai, sementara itu Jordy diminta kembali ke sekolah. Nama Jordy tenggelam usai album terakhir di dekade #90an "It's Christmas, c'est Noël" (1993). Banyaknya masalah menimpa ketika Jordy kecil ini di puncak karirnya. Namun karena tidak patah arang, Jordy mau menerima segala kondisi dalam keluarganya. 

Tidak berhenti di era #90an,  Jordy sebagai entertainer sejati kembali ke layar kaca. Sebagai seorang remaja, Jordy muncul kembali untuk kali kedua dari acara ajang reality show televisi Perancis La Ferme Célébrités 2 pada tanggal 30 April 2005, ini merupakan penampilan publik pertama dalam hampir 10 tahun. Dia adalah pemenang akhir acara pada tanggal 28 Juni 2005.

Pada tanggal 28 Februari 2006 ia merilis single baru pertama dalam 12 tahun, "Je t'apprendrai" dan mulai tampil di band Jordy & the Dixies.

Video Clip: Jordy - Dur dur d'être bébé

Beruntung Punya Kasetnya
sayang sekali tanpa cover... hehe...

 

3 comments: